BerandaCilegonPresiden Jokowi Minta Pemkot Cilegon Jaga Kestabilan Harga Pokok

Presiden Jokowi Minta Pemkot Cilegon Jaga Kestabilan Harga Pokok


DBN Cilegon –  Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kota Cilegon, Selasa (11/3/2023). Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu dalam rangka memantau kebutuhan bahan pokok di Pasar Blok F atau Pasar Kelapa, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon.
Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Kelapa relatif stabil. Namun masih ditemukan beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti bawang merah dan bawang putih yakni sebesar Rp35 ribu hingga Rp40 ribu.
“Di sini harga telur masih baik di Rp27 ribu, tapi untuk bawang merah kemaren di Boyolali Rp26 ribu, sedangkan di sini Rp35 ribu, kemudian bawang putih juga Rp40 ribu,” katanya.
Menurut Jokowi, kenaikan tersebut disebabkan pendistribusian yang masih belum baik. Untuk itu, pihaknya meminta Pemerintah Kota Cilegon untuk menjaga kestabilan harga pokok terutama menjelang Lebaran.
“Jadi memang setiap daerah berbeda-beda, tapi memang ini menunjukkan bahwa distribusinya masih belum baik. Stok enggak ada masalah, tapi yang paling penting ini kan kita menjaga agar harga itu ada kestabilan. Pemerintah daerah tahu lah apa yang harus dilakukan,” ujarnya.
Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyambut baik kedatangan Presiden Joko Widodo beserta jajarannya ke Cilegon. Helldy pun memastikan akan menjamin pasokan kebutuhan pokok di Kota Baja.
“Pemerintah harus turut serta dalam rangka menurunkan harga, nanti kita coba telusuri masalah distribusi ini. Karena kalau ketersediaan sudah saya sampaikan ke beliau seperti beras kita ada kelebihan 1.156 ton,” ungkapnya.
Untuk itu, pihaknya menyampaikan, ke depan dalam upaya menekan harga pokok akan selalu melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. “Agar supaya menekan angka, nanti kita coba bicarakan, kita rapatkan. Pasokan di Kota Cilegon aman sampai Lebaran,” tuturnya.
Selain mengecek harga sembako, Jokowi juga membagikan bantuan sosial kepada masyarakat. Turut mendampingi Presiden di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, serta PJ. Gubernur Banten Al Muktabar.
Setelah selesai di Pasar Kelapa,  Kepala Negara beranjak menuju Pelabuhan Merak  meninjau fasilitas dan kesiapan Pelabuhan Merak dalam menghadapi arus mudik tahun 2023. 
(Red/Medi)
Baca Juga:  Polisi RW Kota Cilegon Dideklarasikan, Polda Banten Minta Polisi Lebih Dekat Dengan Masyarakat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments