BerandaRegionalLAZ Al Azhar Gelar Pelatihan Cara Pengurusan Jenazah

LAZ Al Azhar Gelar Pelatihan Cara Pengurusan Jenazah


DBN Jakarta – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menggelar kegiatan pelatihan ‘Terpuji’ (Training dan Edukasi Pengurusan Jenazah secara Islami) untuk masyarakat di Masjid Raya Al Azhar Sentra Primer, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur. Acara ini diikuti oleh para jamaah di Kecamatan Cakung, pengurus DKM masjid sekitar, dan para santri RGI.
Diawali dengan kegiatan kuliah duha rutin, kegiatan pemulasaran jenazah dilakukan dalam rangka memeriahkan konsep ‘Desa Ramadan’ Kampus Al Azhar Sentra Primer. Dengan tujuan memberikan edukasi akan pentingnya mengurus jenazah, para peserta yang hadir memperoleh kesempatan untuk mendapatkan materi mengenai pemulasaran jenazah baik secara teori maupun praktek.
Eko, selaku Supervisor Program Pendistribusian LAZ Al Azhar mengatakan ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi masyarakat enggan untuk terlibat langsung dalam mengurus jenazah, salah satunya kurangnya wawasan dan pengetahuan tentang mengurus jenazah dengan baik, atau memiliki trauma terhadap kejadian kematian. Padahal sejatinya ilmu dalam mengurus jenazah adalah fardu kifayah, jadi hal ini penting diketahui oleh umat muslim.
“Alhamdulillah, kegiatan pelatihan pengurusan jenazah dapat berjalan dengan lancar. Selain penyampaian teori kami juga mengajak para peserta untuk ikut mempraktikkan rangkaian pengurusan jenazah secara langsung dengan alat peraga yang telah disediakan mulai dari memandikan, mengkafani, mensalati, hingga menguburkan,” jelasnya.
Adapun kegiatan pemulasaran jenazah diawali dengan pemaparan materi fiqih jenazah oleh Ustadz Kamaludin Malawi, kemudian dilanjut praktek langsung oleh Eko Sugiyanto bersama tim Terpuji lainnya. Training dilakukan berdasarkan anjuran dan sunah yang telah ditentukan oleh syariat, baik itu untuk jenazah laki-laki dan perempuan.
Diharapkan ke depan melalui kegiatan pemulasaran jenazah ini semoga terbentuk masyarakat yang mumpuni dalam pengurusan jenazah, terutama untuk generasi muda yang diharapkan bisa menjadi penerus di masa depan, dan semoga tercipta silaturahmi yang kuat antar pengurus Masjid Raya Al Azhar, amil LAZ Al Azhar dan masyarakat sekitar.
(Red)
Baca Juga:  Peringati HUT ke-78 RI, Warga Desa Gemilang Puncu Gelar Kirab Merah Putih Sepanjang 100 Meter

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments