BerandaCilegonKetua Dekranasda Ajak Industri Besarkan IKM

Ketua Dekranasda Ajak Industri Besarkan IKM


DBN Cilegon –  Pemkot Cilegon menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Cilegon 2024 di The Royale Krakatau Cilegon, Selasa (21/3/2023). Hadir dalam forum itu seluruh pemangku kebijakan di Kota Cilegon mulai dari pemerintah, DPRD, perwakilan industri dan masyarakat.
Dalam sesi tanya jawab, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hany Seviatry menyampaikan keluh kesahnya soal kepedulian industri terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Cilegon.
“Saya ingin semua pihak, termasuk industri menunjukkan kepedulian terhadap IKM. Misalnya kalau ada tamu, souvenir yang diberikan berasal dari IKM Cilegon sehingga para mereka yang bergerak di industri kreatif ini dapat tumbuh,” kata Hany.
Hany melanjutkan, untuk lebih mengenalkan produk IKM, Dekranasda Kota Cilegon sudah mencoba membuka galeri baru, yakni di samping (dekat) Ramayana Mall Cilegon. 
“Sebelumnya kita punya galeri di rumah dinas, tapi itu kan yang datang terbatas. Kita sekarang buka galeri di samping Ramayana sejak lima bulan lalu tapi yang datang belum signifikan.
Hany berharap, produk kerajinan tangan yang dibuat IKM binaan Dekranasda bisa dijadikan sebagai souvenir. “Ini kan saya melihat banyak tamu. Ada kunjungan kerja pemerintah maupun tamu industri. Yuk datang ke Dekranasda. Disana ada baju, batik, pouch, dan lain-lain yang bener-bener buatan warga Cilegon,” ujarnya.
Pada saat ada kegiatan Ikatan Notaris Indonesia (INI) di Kota Cileogn beberapa waktu lalu, kata Hany, Dekranasda melalui binaan IKM-nya mampu mampu membuat pesanan pouch sebanyak 3.600. 
“Kita gerakkan selama dua minggu Alhamdulillah jadi. Artinya apa? OPD (organisasi perangkat daerah) maupun industri kalau kegiatan silahkan berdayakan perajin binaan kami. Istilahnya, apa aja yang lo mau, gue ada,” ujarnya.
Sementara itu menanggapi keinginan kerjasama Dekranassda Kota Cilegon, Direktur Legal & Eksternal Affair PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Edi Rivai mengaku siap bekerjasama.
“Kami sangat mendukung terkait kerajinan daerah. Pada saat covid-19 kami kerahkan penjahit untuk menjahit masker yang bisa dipakai ulang. Saat ini setiap ada tamu juga kami berikan bingkisan oleh-oleh,” kata Edi.
Namun demikian, bila akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama, pihaknya siap mengakomodir Dekranasda. “Sekiranya MoU kami siap segera. Konkretnya silahkan koordinasikan dengan bagian CSR kami langsung MoU,” jelasnya. 
(Red/Yani)
Baca Juga:  1.965 Pelaku Usaha Terima Dana Bergulir KCS, Dana Sudah Terserap Rp 4,1 Miliar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments