BerandaKesenianUKM TEATER GATES KONSISTEN MERAJUT KESENIAN DI BANTEN

UKM TEATER GATES KONSISTEN MERAJUT KESENIAN DI BANTEN

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Gates (Sumber: Dok. Istimewa)

DBN Lebak, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Gates menggelar sebuah pementasan ke-113 dengan judul Je.ja.lan. jum’at (10/3/2023) di aula terbuka Universitas Setia Budhi Rangkasbitung. Lakon ini disutradarai oleh DC Aryadi (Dosen Pembina UKM Teater Gates). 

Je.ja.lan adalah seni pertunjukan teater tari (dance theatre) dan teater imaji (theatre of images) yang ingin bercerita tentang kontradiksi dan kontestasi yang ada di (pinggir) jalan di kota-kota di Indonesia. Kontradiksi dan kontestasi antara yang modern dan tradisional, yang kosmopolit dan kampungan, yang elit dan ‘kebanyakan’, yang berkuasa dan terpinggirkan, yang agung dan murahan, serta sederet kontradiksi lainnya. Kontradiksi dan kontestasi yang berlangsung dalam kehidupan sehari-hari di jalan di kota-kota di Indonesia.

Jalan, sebagaimana kota, adalah bagian yang tak terpisahkan dari berlangsungnya modernitas di Indonesia. Dan juga adalah representasi atas kenyataan-kenyataan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Indonesia, sebagai negara dunia ketiga, dalam suatu tata dunia yang semakin terbuka dan terhubung satu sama lain. Bagaimana jalan-jalan di kota-kota di Indonesia disikapi, dijalani, ditinggali serta dihidupi oleh warganya juga mencerminkan bagaimana modernitas dan globalisasi disikapi dan dinegosiasi (baik dalam bentuk penerimaan, penolakan maupun penyesuaian). 

Sebagai sebuah pertunjukan, Je.ja.l.an, akan menggelar kontradiksi dan kontestasi di atas itu dalam imaji-imaji ruang dan visual, akting dan tari. Je.ja.l.an akan memapar fenomena di (pinggir) jalan di kota-kota di Indonesia; tidak hanya yang tragis tetapi juga yang komis (humor), yang realistis dan juga yang simbolis hingga panci, ember, baskom berterbangan.

Pementasan ini rencananya akan digelar road show di beberapa titik  Terdekat setelah Rangkasbitung. Para pangeran panggung akan berkunjung ke sanggar teater Halaman Budaya (Cibaliung) Kabupaten Pandeglang untuk memerankan lakon ini.  

Baca Juga:  Setubuhi Gadis di bawah Umur, Dua Orang Pelaku diamankan Satreskrim Polres Lebak

“Tetap semangat. Ini sudah menjadi tugas dan cita-cita kita dalam menyemai kesenian” ujar al-kadrie (ketua UKM Teater gates. (Red/Mardiana)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments