BerandaBerita UtamaJadi Pengurus AKKOPSI, Helldy Siap Kolaborasi dengan Kabupaten Kota se-Indonesia

Jadi Pengurus AKKOPSI, Helldy Siap Kolaborasi dengan Kabupaten Kota se-Indonesia

DBN Cilegon –  Pengurus Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) resmi dilantik, di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Jumat (3/3/2023).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar didapuk sebagai Ketua Umum AKKOPSI periode 2022-2026. Sedangkan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dipercaya sebagai Sekretaris Umum.

Dalam kesempatan itu, Helldy mengatakan, salah satu program yang akan dijalankan kepengurusan baru AKKOPSI adalah Gerakan 100-0-100, yakni memberikan kemudahan masyarakat mengakses air minum layak, meminimalisasi kawasan padat kumuh miskin, serta kemudahan akses sanitasi layak.

“Kami siap berkolaborasi yang berkesinambungan dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), serta pemerintah kabupaten kota se-Indonesia guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” jelas Helldy.

Helldy menilai, kolaborasi dan kerjasama semua pihak harus dijalankan agar tujuan bersama menciptakan sanitasi yang baik dapat terwujud.

“Kami siap berbagi pengalaman. Kebetulan beberapa waktu lalu Pemkot Cilegon mendapatkan empat penghargaan dari Kementerian Kesehatan, yakni (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Award Kabupaten/Kota, kemudian penghargaan sanitarian terbaik, lalu ada juga penghargaan untuk lurah terbaik, serta natural leader terbaik,” kata Helldy.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan selamat bekerja kepada para pengurus baru AKKOPSI periode 2022-2026. Ia mengharapkan organisasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup sehat di wilayahnya masing-masing.

“Selamat bergabung kepada seluruh bupati dan wali kota, meskipun kepengurusan ini dalam waktu singkat, mudah-mudahan kita bisa bergerak untuk terus memotivasi dan berkolaborasi dengan kepala daerah meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Zaki.

Ia pun meyakini AKKOPSI akan menjadi lokomotif serta wadah untuk bekerja sama dan berbagi pengalaman kepada daerah lain. Dengan begitu setiap pemerintah daerah bisa terus bekerja membangun masyarakat yang beradab di masa mendatang.

Baca Juga:  Peresmian Infrastruktur Publik Baru di Banten: Langkah Maju dalam Reformasi Birokrasi dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

“Kita punya PR (pekerjaan rumah) bagaimana membangun generasi penerus yang paham pada sanitasi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Selamat bekerja bagi para pengurus baru,” ujar Zaki.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Y. B. Satya Sananugraha berharap AKKOPSI dapat menjadi mitra pemerintah untuk terus berkomitmen meningkatkan kualitas sanitasi di Indonesia.

“Kami berharap AKKOPSI terus bergandeng tangan dengan pemerintah melalui komitmen kuat dari pemda termasuk pendanaan sinergi dan kolaborasi serta inovasi di setiap daerah. Saya berharap pengurus baru dapat profesional. Kepada pengurus yang dilantik selamat bekerja dan mengabdi,” ujar Satya.(*)

Berikut susunan kepengurusan AKKOPSI 2022-2026:
Ketua Umum: Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar
Ketua I: Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina
Ketua II: Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar
Ketua III: Bupati Keerom Piter Gusbager
Sekretaris Umum: Walikota Cilegon H. Helldy Agustian
Ketua Bidang Organisasi dan Kerjasama: Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto
Ketua Bidang Pemberdayaan dan Peningkatan Kapasitas: Wali Kota Magelang dr. H. Muchamad Nur Aziz
Ketua Bidang Peningkatan Mobilitas Pendanaan: Bupati Kendal Dico M. Ganinduto
Ketua Bidang Pembelajaran dan Pengembangan Pengetahuan: Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana
Wakil Ketua Bidang Pembelajaran dan Pengembangan Pengetahuan: Wali Kota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin
Ketua Bidang Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Sanitasi: Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna
Ketua Bidang Advokasi dan Komunikasi: Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap
Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Komunikasi: Bupati Tulang Bawang Qudrotul Ikhwan. 

(Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments