BerandaUncategorizedINSPIRATIF, MEMANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH, BERTANAM STROBERI.

INSPIRATIF, MEMANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH, BERTANAM STROBERI.

DBN – Lebak Kamis, 2/2/2023. tanaman stroberi salah satu tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. selain memiliki buah yang mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan, tanaman ini juga mempunyai daun yang indah sehingga tidak jarang digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. 
Mang salim dan Ustad Tajudin menjadi inisiator di Kp. Ciomas, Desa Sindangsari Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak-Banten dalam membudidayakan tanaman ini di pekarangan rumah dan telah diikuti oleh beberapa warga lainnya.
“Awalnya Pak Ali bawa bibit stroberi dari Ciladaeun. tadinya untuk dibudidayakan di Saung Ilmu Al-azhar, namun karena tidak ada yang merawat, akirnya tanaman itu dikembangbiakan oleh Ustad Tajudin di pekarangan rumahnya. Alhamdulillah sekarang menjadi melimpah dan menyebar ke beberapa warga” Tutur Mang Salim
Tanaman tersebut tumbuh menggunakan media tanah ditambah campuran skam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. untuk pemupukan sendiri bisa menggukan pupuk cair PSB atau NPK. kini ratusan polybag mulai muncul buah yang memerah mewarnai pekarangan rumah. 
“Bayangkan jika setiap rumah menanam stroberi. bukan cuma kampung ini terlihat lebih indah, namun kita juga bisa memanen dan menjual buahnya.” Ujar Ustad Tajudin. 
Penomena ini menjadi peluang besar untuk program lingkungan. jika digarap secara sistematis dan masif sangat bisa dijadikan sebagai kampung stroberi. tidak perlu banyak namun jika semua punya hasilnya tentu akan berbeda. 
selain hasil panen buah, mang jek dan ustad tajudin juga menjual bibit stroberi dengan harga mulai lima ribu rupiah. keuntungan dan peluang usaha ini tentu membawa dampak positif bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat desa. (Red-Akin)
Baca Juga:  Respon Kebutuhan Air Bersih Warga Cisuru, Helldy Serahkan Bantuan Mesin Pompa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments