BerandaUncategorizedChandra Asri Bangun Jalan Baru Helldy: Ada Syaratnya

Chandra Asri Bangun Jalan Baru Helldy: Ada Syaratnya

DBN – CILEGON

 
PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) mengusulkan agar pemerintah membangun jalan baru untuk mendukung kawasan industri petrokimia di Cilegon dan Anyer. 

Sejumlah petinggi PT CAP pun menemui Wali Kota Cilegon Helldy Agustian di rumah dinasnya di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Cilegon, Rabu (1/2/2023). 

Para pejabat CAP yang hadir antara lain Advisor CAP Suhat Miyarso, Department Manager Permit & Laison CAP Budi Susilo, Senior Specialist Circular CAP Nicko Setiabudi, Manager Government Relations & Circular Economy CAP Donny Adolf, serta Helmilus Moesa yang juga menjabat Advisor CAP. 

Menurut Suhat Miyarso, pihaknya berencana membuat pengembangan industri petrokimia di Cilegon. “Potensi Cilegon ini luar biasa sangat besar. Dengan pengembangan Chandra Asri, Lotte dan lainnya kapasitas kita sekarang sudah delapan juta ton,” Katanya. 

Bila investasi sudah terealisasi semua, lanjut Suhat, produksi petrokimia di Cilegon bisa mencapai 16 juta per tahun. “Ini harus didukung oleh sarana infrastruktur yang baik. Kondisi jalan yang ada belum cukup,” katanya.

Ada sejumlah usulan yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. Antara lain pembangunan jalan baru dari Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon ke kawasan industri Panca Puri hingga Anyer Kidul sepanjang 16 KM. 

Selain itu, ke depan CAP juga mengusulkan adanya jalan layang dari tol Cilegon Timur hingga kawasan industri, serta usulan pembangunan Jalan Tol Lingkar Banten yang menghubungkan Cilegon Timur ke Anyer hingga Panimbang. 

“Rencana ini sudah kita komunikasikan ke DPRD Banten, Dinas PUPR Banten. Sekarang kita ke Pemkot Cilegon karena banyak yang masuk kawasan Cilegon, “katanya. 

Menanggapi usulan tersebut, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku mendukung. Hanya saja dalam jangka pendek, dari pada membangun jalan baru, dia memilih memperbaiki JLS. 

Baca Juga:  Peletakkan Batu Pertama Program Perbaikan Rutilahu

“Kami bersyukur tahun ini dapat bantuan pusat untuk JLS sekitar Rp 60 miliar. Sisanya tahun depan dengan total Rp167 miliar. Ini harus kita jagain,” katanya. 

Helldy juga meminta CAP berkomitmen mengakomodir warga lokal Cilegon dalam rekrutmen pegawai. “Kami lihat Chandra Asri ini masih kurang. Padahal sekarang banyak warga Cilegon yang pinter-pinter,” ujarnya. 

Selanjutnya, Wali Kota juga minta CAP membina UKM dan UMKM Cilegon. Dia minta CAP membangun pabrik pengolahan plastik menjadi barang jadi di Kota Cilegon. “Jangan semua barang mentah hasil produksi Chandra Asri disuplai ke luar atau bahkan diekspor. Kasih dong ‘mainan’ warga Cilegon, bikin kantong plastik kek, “ujarnya. 

Terkait usulan pembangunan jalan, Helldy meminta jajarannya untuk mengkaji lebih dalam. “Nanti kapan waktunya kita tindaklanjuti kami siap, ” katanya.

(Red )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments