BerandaPemerintahanPemkot Cilegon Gelar Forum Konsultasi Publik, Lima Isu Strategis Digarap Tahun ini

Pemkot Cilegon Gelar Forum Konsultasi Publik, Lima Isu Strategis Digarap Tahun ini

DBN – CILEGON

Pemerintah Kota Cilegon melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP), di Aula Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Cilegon, Kamis 12 Januari 2023.

Kegiatan ini digelar untuk menyampaikan isu strategis dan menyamakan persepsi serta pemahaman kepada seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait program prioritas pembangunan, kapasitas pendanaan, serta asumsi indikator makro Kota Cilegon tahun 2024.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bahwa Forum Konsultasi Publik ini merupakan tahap pertama proses perencanaan pembangunan daerah. “Tentunya perlu kita ketahui bersama, pelaksanaan forum konsultasi publik ini merupakan tahapan pertama dari sekian banyaknya tahapan dalam proses perencanaan pembangunan daerah,” tuturnya.

Menurutnya, proses perumusan perencanaan pembangunan Tahun 2024 sudah dilakukan sejak Desember 2022 lalu melalui proses Bottom Up yang dimulai dari usulan pramusrenbang pada tingkat RT dan RW.

“Selanjutnya, hasil pramusrenbang tersebut akan disinergikan melalui pembahasan rancangan tema RKPD 2024 dalam forum ini,” sambung Helldy.

Lebih lanjut, Helldy juga menjelaskan terkait tahun rencana 2024 merupakan tahun ketiga dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Periode 2021 – 2026. “Pada tahun ketiga ini kami mengharapkan adanya akselerasi dalam pencapaian dari target – target pembangunan tahunan yang tercantum dalam dokumen RPJMD 2021 – 2026,” jelasnya.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan secara teknokratis, kata siapa, terdapat lima  isu strategis yang akan kita hadapi di tahun 2023 yaitu berkaitan dengan kualitas pelayanan pemerintahan, kualitas pendidikan, derajat kesehatan masyarakat, kualitas pembangunan dan kualitas hidup masyarakat, serta pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Helldy juga mengajak seluruh stakeholder untuk ikut serta mengoptimalkan koordinasi yang baik. “Oleh karena itu, dalam forum konsultasi publik ini saya mengajak seluruh stakeholder untuk mengoptimalkan koordinasi dan seluruh sumber daya yang ada guna menjawab  seluruh tantangan yang akan dihadapi di tahun 2024,” tegasnya.

Baca Juga:  Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas pada Mata Pelajaran di Sekolah dan Madrasah

Kepada Kepala Perangkat Daerah, Helldy menghimbau untuk melakukan koordinasi yang baik dalam mencari potensi sumber anggaran daerah. “Kita jemput anggaran, kita ejawantahkan dalam program – program pembangunan, agar pembangunan Cilegon lebih optimal menuju Cilegon baru, modern dan bermartabat,” tambahnya.

Di akhir sambutannya Helldy berharap melalui Forum Konsultasi Publik dapat menjadi starting point pembangunan. “Harapannya forum konsultasi publik ini menjadi starting point dalam pembangunan ke depan, sehingga pembangunan yang kita lakukan benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Cilegon Wilastri Rahayu menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh kesepakatan bersama dan sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2024.

“Forum Konsultasi Publik ini bertujuan untuk memperoleh kesepakatan terkait program prioritas, hasil analisa permasalahan dan isu strategis yang akan dituangkan ke dalam penandatanganan berita acara kesepakatan FKP sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Cilegon tahun 2024,” ungkapnya.

Wilastri berharap diselenggarakannya Forum Konsultasi Publik ini dapat membentuk komitmen seluruh stakeholder untuk meningkatkan pembangunan di Kota Cilegon. “Pelaksanaan FKP ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan awal pendapatan dan belanja daerah tahun 2024,” harapnya.

Laporan Medi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

- Advertisment -

Recent Comments